Pelayanan Mahasiswa

A. Bantuan Tutorial

Pada proses kegiatan belajar mengajar, mahasiswa PSSI diberikan bimbingan akademik oleh Dosen Pembimbing Akademik (PA), bimbingan penyusunan Praktek Kerja Lapangan oleh satu dosen pembimbing, bimbingan penyusunan dan penelitian Skripsi oleh dua orang dosen yaitu dosen Pembimbing I dan dosen Pembimbing II, konsultasi mata kuliah dengan dosen pengasuh mata kuliah, dan konsultasi kebijakan dan peraturan akademik kepada Ketua Program Studi, serta konsultasi administrasi kepada Unit Biro Administrasi Umum (BAU) dan Pusat Pelayanan Mahasiswa (PPM). Sedangkan untuk kegiatan kemahasiswaan baik internal maupun eksternal mahasiswa PSSI dapat berkonsultasi dengan biro kemahasiswaan.

Sebagai upaya untuk lebih meningkatkan mutu proses belajar mengajar, Program Studi memberikan bantuan tutorial baik secara regular didalam kelas, forum diskusi baik secara langsung di kelas maupun melalui media internet,tugas mandiri dan kelompok melalui fasilitas e-learning yang bisa diakses di http://elearning.binadarma.ac.id, dan juga fasilitas perpustakaan elekronik yang bisa diakses secara 24 jam oleh mahasiswa di http://digilib.binadarma.ac.id dan http://otomasi.binadarma.ac.id serta website portal PSSI yang berisikan Profile, Kurikulum, SAP, Materi Perkuliahan, Berita dan Pengumuman, dan beberapa materi penting lainnya yang dapat diakses di alamat http://si.binadarma.ac.id. Selain itu PSSI juga memiliki Pusat Pelayanan Mahasiswa (PPM) yang sudah menerapkan mutu pelayanan sesuai dengan standar ISO: 9001 Versi 2008.

Dengan demikan beberapa fasilitas tutorial pendukung ini akan sangat membantu mahasiswa PSSI untuk mendapatkan informasi dan data seluasnya sesuai dengan kebutuhan.

PSSI juga tetap menjaga keberlanjutan kuliah dan aktivitas mahasiswa sehingga diharapkan tidak ada mahasiswa yang putus kuliah. Secara periodik (6 bulan sekali) Dekan melalui kepala program studi masing-masing fakultas selalu mendata mahasiswa yang seharusnya telah menyusun Laporan akhir, skripsi dan tesis, kemudian melakukan panggilan untuk mengetahui dan mendapatkan masukan tentang kesulitan dalam penulisan Laporan akhir, skripsi dan tesis untuk kemudian dicarikan solusi pemecahannya.

B. Informasi dan Bimbingan Karir

Untuk informasi dan bimbingan karir, Program Studi Sistem Informasi bekerjasama dengan beberapa unit kerja didalam institusi, salah satu diantaranya adalah Unit Bina Darma Career and Training Center (BDCTC) (http://bdctc.binadarma.ac.id), dimana unit ini memiliki tujuan untuk membangun dan menjaga hubungan yg saling menguntungkan antar dunia industri dan Universitas Bina Darma Palembang, khususnya di bidang pengembangan kualitas Sumber Daya Manusia dan alumni dalam rangka pemenuhan kebutuhan tenaga yang professional. Selain itu juga tuntutan kualitas lulusan yang semakin tinggi, PSSI dan BDCTC berusaha melengkapi kemampuan akademis lulusannya dengan program-program pengembangan kepribadian dan perencanaan karir. Selain itu juga, peranan BDCTC adalah sebagai jembatan atau fasilitator antar dunia kerja dan program studi. PSSIbekerja sama dengan BDCTC senantiasa menerima informasi tentang lowongan kerja dari pengguna yang membutuhkan lulusan UBD khususnya PSSI. Hal ini juga dilakukan berdasarkan masukan yang diperoleh berdasarkan penelusuran alumni yang telah dilakukan.

Beberapa kegiatan yang dilakukan antara PSSI dan BDCTC antara lainmemberikan Perencanaan karir dan pelatihan melamar kerja dilakukan untuk meningkatkan kesiapan lulusan menghadapi pasar kerja melalui seminar alumni. Untuk meningkatkan jumlah lulusan agar terserap di pasar kerja, BDCTC juga menyediakan layanan penempatan kerja. Dalam hal ini secara aktif BDCTC melakukan kerja sama dengan mengadakan MoU dengan perusahaan-perusahaan lokal maupun yang berskala nasional.Secara berkala diadakan bursa kerja (job expo).Sedangkan untuk persiapan bagi lulusan PSSI melalui biro psikologi mengadakan pelatihan ujian psikotest.

Untuk meningkatkan kemampuan mahasiswa berwira usaha, PSSI memperkaya muatan kurikulumnya dengan mata kuliah Kewirausahaan.Tujuan adanya mata kuliah tersebut untuk melatih kemampuan wira usaha mandiri bagi mahasiswa PSSI untuk berdikari mengembangkan usaha.Pengawasan muatan kurikulum tersebut PSSI dibantu oleh lembaga BDEC (Bina Darma Enterpreneur Consulting).Salah satu tugas dari mata kuliah tersebut mewajibkan mahasiswa untuk menyusun proposal perencanaan wira usaha baik secara mandiri maupun kelompok. Proposal yang baik akan diseleksi dan akan dibimbing oleh BDEC untuk bisa diteruskan mengikuti lomba atau seleksi wira usaha mandiri yang dilakukan oleh Bank Mandiri, Bank Indonesia, dan pihak lain yang jika terpilih akan mendapatkan bantuan modal dana pengembangan usaha.Melalui BDEC potensi kemampuan wira usaha mahasiswa ditingatkan untuk bisa menjadi wirausahawan yang berhasil.

C. Konseling Pribadi dan Sosial.

Keberhasilan proses belajar dan mengajar di PSSI secara umum dipengaruhi oleh 2 faktor utama yaitu Faktor Akademik dan Non-Akademik. Untuk masalah akademik, mahasiswa sudah memiliki dosen pembimbing akademik dan ketua program studi yang dibantu oleh semua dosen tetap di program studi yang diantaranya melaksanakan bimbingan terhadap Praktek Kerja Lapangan dan Skripsi.

Program Studi Sistem Informasi memiliki sejumlah dosen pembimbing akademik dengan perbandingan dosen mahasiswa adalah   1 : 18.Peranan utama dosen pembimbing akademik bagi mahasiswa bukan hanya memberikan pengarahan pada saat pemilihan mata kuliah pada setiap semester, tetapi juga mengamati dan mengendalikan serta memberikan motivasi terhadap kelancaran studi mahasiswa. Selain itu Pembimbing Akademik juga memberikan nasehat yang menyangkut masalah-masalah yang berhubungan dengan kepribadian mahasiswa serta yang dapat mengganggu proses belajar mahasiswa, diharapkan dosen Pembimbing Akademik dapat memberikan solusi bagi mahasiswa yang dibimbingnya.

Selain itu, terhadap permasalahan-permasalahan non-akademik, PSSI bekerjasama dengan lembaga bimbingan dan konseling Universitas Bina Darma yang dalam hal ini dipercayakan kepada Fakultas Psikologi Unversitas Bina Darma. Dimana lembaga ini secara umum berfungsi untuk menerima informasi dan memberikan masukan (input) sekaligus pemecahan secara konkrit atas masalah-masalah non akademik yang dihadapi mahasiswa.